5 Teknik Memulai Bisnis Syariah

Assalamualaikum wr.wb

Banyak diantara kita atau sahabat-sahabat kita yang ingin memulai bisnis, namun tak jarang kita mendapati kebingungan, dan timbul pertanyaan-pertanyaan seperti :

Mau buka bisnis apa ya?
caranya gimana ya?
Modal nya berapa ya?
kira-kira keuntungannya besar gak ya?


Betul ?

Dengan membaca artikel ini, InsyaAllah berarti kamu telah memulai beberapa langkah dibandingkan sahabat-sahabat lain yang masih dalam kebingungan. Ingat sahabatku usaha itu di nilai mulai kamu "take action" bukan dari income kamu. Meskipun saat ini kamu belum memiliki penghasilan, tetapi kamu sudah memulai usaha itu, karena kamu mulai nih mencari info-info seputar bisnis. Pesan saya setelah kamu membaca artikel ini, kamu harus langsung terjun ke bisnismu dengan planing-planing yang dahsyat.

Nah berikut ada 5 Teknik yang harus kamu ketahui dalam memulai usaha :



1. Tekad dan Motivasi diri
Banyak orang yang ingin memulai usaha, tapi takut rugi. Banyak yang sudah punya usaha tapi gak berani mengembangkan karena modal pas pasan. Nah ini ni ciri-ciri orang yang gak punya tekad "Saya mau, tapi takut". Sampai kapanpun jika kamu masih dilanda ketakutan, maka hasilnya = 0 sobat. Dalam kondisi seperti ini yang kamu butuhkan adalah Motivasi diri, teruslah mencari info-info, ide-ide, peluang-peluang usaha dan lihatlah sejarah para usahawan-usahawan terkenal. Semua butuh proses, gak ada yang instan

2. Berbisnis karena Berpahala
Tanamkan dari sekarang "Bisnisku adalah Ibadahku". Bisnis atau usaha yang kita mulai dengan tujuan dan niat agar di Ridhai Allah SWT, maka bisnis itu akan melesat cepat seperti anak panah yang "on target". Serahkan semua pada Allah, karena Rezeki itu dari Allah semata :

“Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” QS. Ali ‘Imran : 159

Rezeki merupakan urusan Allah Ta’ala, kita hanya diperintahakan untuk berusaha dan berdo’a.

“Dan berapa banyak binatang yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezkinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezki kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” QS. Al ‘Ankabuut : 60

3. Passion Or Opportunity
Mualai dari sekarang, kamu tentukan bisnis apa yang mau kamu buka dengan ortientasi "Jangka panjang". pada dasarnya ada 2 pilihan bisnis, yaitu bisnis sesuai kemampuan dan keingingan (hobi) dan bisnis karena adanya peluang pasar. Nah jika kamu memiliki potensi diri yang besar dkamu tinggal mengembangkannya, sebagai contoh ahli dalam programer atau pembuatan aplikasi android / Pembuatan baju, sepatu, kopiah, dll yang bisa kamu produksi sendiri.

Jikalau kamu bingung dan merasa belum bisa kembangkan potensi kamu untuk bisnis, maka lihatlah pasar di kotamu. Apa sih peluang terbesar yang mudah diterima masyarakat ?, contoh yakni usaha kuliner, fotocopy, dll. Pasti disekitarmu ada peluang itu, karena Rezeki itu ada dimana2, kitanya aja yang bingung, karena belum tawakal seutuhnya.

4. Modal
Simpel satu kata tapi melejit di hati, hufft "dapat modal dari mana ya?". tolong hilangkan kata hufft, karena perkataanmu adalah doamu dan ribuan malaikat juga akan mendoakan "hufft". Gantilah kalimat di atas dengan "Saya pasti bisa, saya pasti ada modal".

Haloo sahabtku, jaman sekarang bisnis bukan soal mikirin modal, ingat modal dasar itu ada 2. yaitu modal uang dan modal "DUIT" (DUIT = Do'a Usaha Iman dan Taqwa). udah punya potensi sesuai passion berarti itu sudah ada modal.

namun yang jadi permasalahan sekarang ialah udah punya modal (uang), tapi bingung mau usaha apa, yap jawabannya ada pada point no 3 diatas. Jika kamu benar-benar tidak memiliki uang untuk memulai usaha, maka kamu dapat memanfaatkan teknologi digital saat ini "The Digital Marketing". Banyak toh bisnis online tanpa modal yang syariah. Example 
  1. Reseller/Dropshipper (Pastikan ada akad antara kamu dan produsen, serta tarnsparan/jujur) gak ada akad berarti haram. Baca halal/haram Dropshipper
  2. Jual jasa, misal kamu bisa instal ulang atau repair laptop / hp, pengetikan, pembuatan blog/web, desain, dll
  3. Jadi freelancer, ada banyak tuh situs penyedia freelancer (kerja lepas), seperti sribulancer, project, gobaan, dll. kamu tinggal terima job2 yang tersedia, kalau di apply Alhamdulillah kan (saya pernah dulu membuat 30 artikel dengan bayaran 300k, lumayan kan dan itu dikerjakan  kurang lebih 1 minggu).
  4. dan masih banyak lagi search ada di Google
5. Sabar dan Konsisten
Barangkali kamu udah nemuin usaha yang pas, tapi income nya masih belum seberapa. nah disini yang kamu butuhkan adalah kesabaran. Sabar yang bagaimana?, sabar bukan berarti kamu hanya berdiam diri dan menunggu, tapi berarti melihat kembali planing-planing usaha kamu, dan memperbaiki kesalahan/kekurangan yang ada.

Setelah sabar tentunya kamu harus konsisten, jangan bentar-bentar, "eh gak cocok bisnis ini rasanya, gak banyak untung, ganti aja ah". hey hey hey sobat, kamu harus konsisten, jangan bentar-bentar ganti. Mungkin saat ini belum besar income nya, tapi sabar dulu, jalani dulu, tunggu rezeki yang luar biasa datang dengan kesabaranmu.

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” QS. Al Baqarah : 153

“Dan bersabarlah kalian sesunguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.” (Al Anfal: 46).

“Sesungguhnya datangnya kemenangan itu bersama dengan kesabaran.” Hadits Arba’in no. 19

Hindari perbuatan dosa, karena akan membuat hidup Anda sulit dan rezeki sempit.

“Sesungguhnya, tiadalah beruntung orang-orang yang berbuat dosa.” QS. Yunus : 17

“Sesungguhnya seorang diharamkan rezeki baginya disebabkan dosa yang diperbuatnya.” (HR. Tirmidzi dan Al Hakim)

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” QS. Ath Thalaaq : 2-3


"Alhamdulillah 5 teknik diatas sudah saya baca, InsyaAllah akan saya terapkan". saya doakan makna InsyaAllah berarti 90% akan saya lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabatku sekalian. Jika kamu Sukses jangan lupa Sedekah, Karena harta yang paling uatama ialah apa yang kamu sedekahkan. 

Terimakasih,
Original Artikel by : Fadil Aditya Edwin (Admin Komunitas Syariah)

Sumber : 
http://pengusahamuslim.com/362-bagaimana-cara-memulai-usaha-sendiri-versi-pengusaha-muslim.html